OS Windows Phone “Kembali” Bersaing dengan Android dan iOS


Menurut data yang diperoleh dari Net Applications, sistem operasi Microsoft kembali bersaing dengan Android, iOS, dan bahkan mengalahkan BB.
Maret 2013, memperlihatkan data, bahwa Windows Phone menguasai pangsa pasar sebesar 1,50%. Tergolong kecil untuk menempatkannya di posisi ke-4, di bawah Java ME.
Tapi kabar baiknya, Windows Phone masih lebih baik dari BlackBerry yang menempati posisi ke-5 dengan market share sebesar 1,38%. ( Neowin).

(detikINET)

Sistem Informasi


Sistem informasi adalah pengaturan orang, data, proses, dan teknologi informasi yang berinteraksi untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyediakan output informasi yan diperlukan untuk mendukung sebuah organisasi. Stakeholder tersebut meliputi analis sistem, manajer proyek, pemilik sistem, pengguna sistem, desainer sistem, dan pembangun sistem. Nilai dan keuntungan menggunakan sistem informasi secara umum adalah:

  1. Meningkatkan keuntungan perusahaan
  2. Mengurangi biaya bisnis
  3. Meningkatkan pangsa pasar
  4. Memperbaiki relasi dengan pelanggan
  5. Mengurangi kesalahan
  6. Meningkatkan efisiensi

Sistem informasi memiliki beberapa jenis di antaranya: Sistem pemrosesan transaksi, sistem informasi manajemen, sistem pendukung keputusan, sistem informasi eksekutif, sistem pakar, dan lain-lain.

 

Computer Based Information System (CBIS) atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut juga Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer. Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi.

 

Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi merupakan sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya, sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.

Komponen Jaringan


Beberapa komponen dasar yang membentuk suatu jaringan komputer pada umumnya adalah sebagai berikut :

  1. 1.     Kabel

Setiap kabel mempunyai kemampuan dan spesifikasi yang berbeda. Beberapa jenis kabel yang menjadi standar dalam penggunaan untuk komunikasi data dalam jaringan komputer adalah sebagai berikut :

  • Coaxial Cable

Jenis kabel dengan inti dari tembaga yang dikelilingi oleh anyaman halus kabel tembaga lain, diantaranya terdapat isolator sebagai permisah antara kedua kabel tersebut. Dikenal dua jenis tipe coaxial cable untuk jaringan komputer, yaitu thick coax cable (berdiameter lumayan besar) dan thin coax cable (berdiameter lebih kecil).

 Coaxial Cable

Gambar 4. Coaxial Cable

  • Twisted Pair Cable

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) atau STP (Shielded Twisted Pai) yang umumnya dipakai adalah kabel yang terdiri dari 4 pasang kabel yang saling berpilin.

 Kabel UTP, STP dan konektor rj-45

Gambar 5. Kabel UTP, STP dan konektor rj-45

Terdapat tipe penyambungan kabel jenis UTP, yaitu straight trought cable, crossover cable ditambah satu jenis pemasangan khusus untuk cisco router, yaitu rollover cable. Perbedaannya, straight trought cable digunakan untuk menghubungkan beberapa unit komputer melalui perantara konsentrator (hub/switch) maupun repeater, sedangkan crossover cable digunakan untuk media komunikasi antar komputer (tanpa hub/switch) atau dalam kasus tertentu berguna untuk menghubungkan hub dengan hub.

Berikut adalah skema pemasangan kabel UTP :

–          Pemasangan kabel straight trought

Skema Straigh Through

Gambar 6. Skema Straigh Through

–          Pemasangan kabel crossover

 Skema Crossover

Gambar 7. Skema Crossover

–          Pemasangan kabel rollover

 Skema Rollover

Gambar 8. Skema Rollover

  • Fiber Optic Cable

Merupakan kabel yang memiliki inti serat kaca sebagai saluran untuk menyalurkan sinyal antar terminal. Sering dipakai sebagai saluran backbone karena kemampuannya yang tinggi dibanding dengan kabel coaxial atau UTP.

 Fiber Optic Cable

Gambar 9. Fiber Optic Cable

  1. 2.     Ethernet Card

Ethernet card atau sering disebut lancard berfungsi sebagai media penghubung antara komputer dengan jaringan. Ada beberapa port koneksi yang dapat digunakan. Jika didesain untuk tipe kabel coaxial maka konektor yang dipakai adalah konektor BNC (Barrer Nut connector) sedangkan jika didesain untuk kabel twisted pair maka konektor yang dipakai adalah RJ-45.

 Ethernet Card (NIC)

Gambar 10. Ethernet Card (NIC)

  1. 3.     Hub dan Switch (Konsentrator)

Konsentrator adalah perangkat untuk menyatukan kabel-kabel jaringan dari setiap workstation, server, atau perangkat lainnya. Konsentrator biasanya dipakai pada topologi star. Hub dan switch umumya memiliki port RJ-45 sebagai port untuk menghubungkan komputer.

 Switch (Konsentrator)

Gambar 11. Switch (Konsentrator)

Perbedaannya, switch merupakan konsentrator yang memilki kemampuan manajemen traffic data lebih baik dibandingkan dengan hub.

  1. 4.     Repeater

Perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen kabel ataupun wireless lalu memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel ataupun wireless yang lain.

Wireles Repeater

Gambar 12. Wireles Repeater

  1. 5.     Bridge

Perangkat jaringan komputer yang berfungsi hampir sama dengan repeater, tetapi bridge mampu menghubungkan antar jaringan yang menggunakan topologi serta transmisi yang berbeda.

 bridge

Gambar 13. Ethernet Bridge

  1. 6.     Router

Perangkat jaringan komputer yang dikhususkan untuk menagani koneksi anatara dua atau lebih jaringan yang terhubung melalui packet switching. Router bekerja dengan melihat alamat asal dan alamat tujuan dari paket yang melewatinya dan memutuskan rute yang akan dilewati paket tersebut untuk sampai ke tujuan. Router mengetahui alamat masing-masing komputer dilingkungan jaringan lokalnya, mengetahui alamat bridge, dan router lainnya.

Saat ini telah dikembangkan teknologi PC-Router, dimana suatu komputer (PC) dapat dibuat sebagai router dengan menginstal sistem operasi yaitu Mikrotik RouterOS. Dengan menggunakan Mikrotik PC-Router akan menghemat biaya dalam pembelian peralatan jaringan yang disebabkan mahalnya perangkat router pada umunya.

Referensi : Edhy Sutanta. 2004. Komunikasi Data dan Jaringan

Topologi Jaringan Komputer


Topologi adalah suatu aturan/rules bagaimana menghubungkan komputer (node) satu sama lain secara fisik dan pola hubungan antara komponen-komponen yang berkomunikasi melalui media/peralatan jaringan.

Adapun 3 topologi utama yang menjadi dasar bagi topologi yang lain, yaitu :

  1. 1.      Topologi Bus

Merupakan topologi yang menghubungkan semua terminal ke satu jalur komunikasi yang kedua ujungnya ditutup dengan terminator. Terminator adalah perangkat yang menyediakan resistansi listrik untuk menyerap sinyal pada akhir transmisi sambungan agar sinyal tidak terlontar kembali dan diterima lagi oleh stasiun jaringan.

topologi bus

Gambar 15. Topologi Bus

  1. 2.      Topologi Ring

Pola dari topologi ring hampir sama dengan topologi bus, tetapi kedua terminal yang berada pada ujung saling dihubungkan sehingga hubungan antara terminal berlangsung dalam suatu lingkaran tertutup.

 topologi ring

Gambar 16. Topologi Ring

  1. 3.      Topologi Star

Pada topologi star, terdapat sebuah terminal pusat (hub/switch) yang mengatur dan mengendalikan semua kegiatan komunikasi data. Trafik data mengalir dari node ke terminal pusat dan diteruskan ke node (station) tujuan.

 topologi star

Gambar 17. Topologi Star

Referensi : Iwan Sofana,  Membangun Jaringan Komputer.2008

RJ45 dan RJ11


Pemasangan jaringan internet tidak terlepas dari Kabel UTP dan konektor RJ45. Kabel UTP atau kabel unshielded twisted pair adalah kabel yang biasa digunakan untuk membuat jaringan atau network komputer berupa kabel yang didalamnya berisi empat (4) pasang kabel yang yang setiap pasangnya adalah kembar dengan ujung konektor RJ-45.

Tipe kategori Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) :

– Kategori 1 : Untuk koneksi suara / sambungan telepon/telpon
– Kategori 2 : Untuk protocol localtalk (Apple) dengan kecepatan data hingga 4 Mbps
– Kategori 3 : Untuk protocol ethernet dengan kecepatan data hingga 10 Mbps
– Kategori 4 : Untuk protocol 16 Mbps token ring (IBM) dengan kecepatan data hingga 20 Mbps
– Kategori 5 : Untuk protocol fast ethernet dengan kecepatan data hingga 100 Mbps

Router


Router adalah sebuah device yang berfungsi untuk meneruskan paket-paket dari sebuah network ke network yang lainnya (baik LAN ke LAN atau LAN ke WAN) sehingga host-host yang ada pada sebuah network bisa berkomunikasi dengan host-host yang ada pada network yang lain. Router menghubungkan network-network tersebut pada network layer dari model OSI, sehingga secara teknis Router adalah Layer 3 Gateway (Cisco catalyst Layer 3 WS-C3550) dan Router bisa juga menjadi Layer 4 Gateway (Cisco Catalyst 2960) jika Router tersebut mengimplementasikan ACL (Access Control List), maksudnya disini Router dapat berfungsi seperti ACL yang terdiri atas aturan-aturan dan kondisi yang menentukan trafik jaringan dan menentukan proses di router apakah nantinya paket akan dilewatkan atau tidak. Router juga bisa berupa sebuah device yang dirancang khusus untuk berfungsi sebagai router (dedicated router), atau bisa juga berupa sebuah PC yang difungsikan sebagai router.

Dilihat dari fisiknya, Router ada 2 macam :

·        Dedicated Router   : Sebuah router yang dibuat oleh pabrik.

Contoh : (Level one : WRT),Cisco & Linksys

·        PC Roter                        : Sebuah perangkat Router yang dibuat oleh PC biasa, yang didalamnya berisi sebuah sistem operasi yang digunakan untuk Router.

Contoh : PC biasa dengan OS Mikrotik/Linux

Dilihat dari cara kerjanya Router ada 3 macam :

  • Router Statis  : Tabel Routingnya tetap
    • Roter Default                  :           Mengirim paket ke jaringan yang tidak ada di dalam tabel routing ke Router selanjutnya. Hal ini terjadi jika Router hanya punya 1 port.
    • Router Dinamis            :            Untuk penjaluran bisa berubah. Biasanya menggunakan protokol-protokol tertentu. Seperti : RIP, & OSPF

(http://f4bregaz.blogspot.com/2008/11/definisi-router.html)

 router

Gambar 3.1 Router cisco 3825

Tips Agar Performa Komputer Terasa Baru “Lagi”


lepi

Komputer Agan sekalian terasa sangat2 lemot.. 😦 ?

Jika iya, hal ini jelas menghambat produktivitas dalam agan bekerja, menyelesaikan tugas, dan berselancar didunia per-internetan sekarang… nah ini dia ane share beberapa tipsnya agar “lepi” agan fresh lg kaya dulu baru beli.. 🙂

  1. Rapikan Layar Desktop

Layar desktop yang penuh dengan file membuat agan sulit menemukan file dan terkesan berantakan. Buatlah folder baru untuk file-file di desktop Agan dan juga folder khusus untuk file-file yang tidak sering di akses agar mudah untuk memilah-milah file tersebut.

  1. Pindahkan File-File Besar ke Hard Drive Eksternal

Agar hard drive bawaan pada komputer agan tidak terlalu disesakkan oleh file-file yang ada, ada baiknya Agan pindahkan ke hard drive eksternal.
Selain membuat hard disk bawaan bisa ‘bernafas’ lega, dari sisi keamanan juga akan lebih bermanfaat jika suatu saat komputer kamu mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Bersihkan File2 Multimedia

Apakah agan punya daftar film-film yang kamu sukai dan terus ditonton berkali-kali dalam file-file yang ada? Jika tidak, sudah saatnya buang saja film tersebut, dibandingkan harus dibenamkan berlama-lama di dalam komputer.

  1. Pendukung untuk Browser

Dengan web browser teknologi kompresi Opera, Opera Turbo, kamu dapat memuat halaman web hingga lima kali lebih cepat dibandingkan dengan browser lainnya.

  1. Mengatur Disk

Disk fragmentasi adalah salah satu alasan paling umum yang menyebabkan kinerja lambat pada komputer. Pada windows, klik tombol start lalu ke All Programs > Accessories > System Tools pada versi windows yang lama.

Pada Windows 8, klik Search, masuk ke Defragment, lalu ke Settings > Defragment dan optimalkan drive komputer.

  1. Hapus Program Autostart

Untuk memulai program yang hanya agan inginkan, gunakan start menu pada Windows Vista dan ketik ‘msconfig’ untuk Windows 7. Buka program link msconfig.exe, di mana Anda dapat menambahkan program autostart.

Pada Windows 8, klik Ctrl + Shift + Esc untuk membuka task manager, pilih tab startup dan non-aktifkan item apapun yang kamu tidak ingin mulai secara otomatis. Pengguna Mac bisa pergi ke System Preferences > Users & Groups/Accounts > Login Items untuk menghapus program.

  1. Scan Virus/ Malware

Jika kamu pengguna Opera, tambahkan WOT (Web Of Trust) dan ekstensi Ghostery. WOT menggunakan sistem lampu lalu lintas untuk menilai kepercayaan dari situs web yang Agan kunjungi, dan Ghostery mendeteksi pelacakan dan web bugs. Pertimbangkan juga untuk menjalankan perangkat lunak anti-virus dan pindai komputer agan dari malware.

  1. Bersihkan File Sementara

Dalam file download di komputer agan atau folder file-file sementara, hapuslah file yang sudah tidak perlu lagi. Agan juga dapat menghapus semua file-file sementara di browser.Jika menggunakan Opera, cukup pilih delete private data (pilihan kedua di bawah ‘tools’) dan dia akan menunjukan apa yang harus dilakukan selanjutnya, termasuk cookies, browsing history atau keseluruhan cache. Pertimbangkan untuk menyimpan tab dan password kamu agar browsing bisa dilakukan dengan cepat.

 

Sumber: detik.com

10 Perintah Allah (Nash Papyrus) yang Berusia 2.000 Tahun Diubah ke Format Gigital


Nash Papyrus

Perpustakaan Digital Cambridge telah mengubah ribuan halaman naskah agama yang sudah rapuh ke dalam bentuk digital. Hal itu memungkinkan pengguna internet dengan mudah mengakses dokumen tersebut.

Salah satu dokumen yang disalin adalah salinan kuno 10 Perintah Allah (Nash Papyrus) yang berusia 2.000 tahun.

Nama Nash Papyrus diberikan Walter Llewellyn Nash seorang peneliti sejarah Mesir kuno yang membeli naskah itu dari seorang agen barang antik pada 1902.

Nash Papyrus merupakan dokumen penting keagamaan yang dipublikasikan dengan kualitas high-quality zoom-friendly oleh Perpustakaan Digital Cambridge.(Livescience/MI/TII)

Sumber: metrotvnews.com

Planet Mirip BUMI Akan Umumkan Ditahun 2013


earth

” Denger2nya ni ditahun 2013 akan diumumkan sebuah planet yang mirip dengan Bumi yang kita pijak sekarang..hmm good2″

“Planet pertama dengan ukuran, orbit, dan struktur yang cocok kehidupan manusia mungkin akan diumumkan pada 2013,” kata Geoff Marcy, seorang pemburu planet veteran di University of California, Berkeley, dan anggota tim Kepler. (Space.com/MI/Wrt3)

Setelah melalui berbagai upaya, para ilmuwan menyatakan optimisme bahwa mereka mampu menemukan planet dengan struktur menyerupai bumi pada tahun depan.

Ini tentu merupakan sebuah penemuan yang berpengaruh besar terhadap kelanjutan hidup manusia di alam semesta. Sebelumnya, astronom memang telah telah menemukan sejumlah exoplanets atau planet mirip bumi selama beberapa tahun terakhir. Namun, hingga kini belum ada yang benar-benar sesuai untuk ditinggali manusia.

klo gitu mending dari sekarang pesen deh tanah disana, mumpung masih gratis n siapa tau jadi presiden pertama disana..hehe 🙂 ”

Sumber: metrotvnews.com

NP-Completeness and the TSP


Teori Kompleksitas Komputasional

•Masalah terbagi dua
•Mudah: dapat diselesaikan oleh algoritme yang berjalan dalam waktu polinomial
•Sulit: tidak mudah
•Dalam teori kompleksitas komputasional, permasalahan ‘sulit’ tidak termasuk kelas kompleksitas apapun, karena tidak diketahui berapa waktu penyelesaiannya
•Teori ini dibatasi hanya untuk masalah keputusan (ya atau tidak)
TSP dan Masalah keputusan
•Masalah TSP dapat diubah menjadi masalah keputusan
•Caranya: buat dua algoritme
•TSP_SOLUTION: Masukan berupa graf dan biaya setiap edge
•TSP_DECISION: Masukan ditambah dengan nilai batas C. Keluaran ‘Ya’ apabila ada rute dengan biaya kurang dari C
•Algoritmenya seperti berikut
TSP_SOLUTION(G, E, V, c)
   C = FIND_OPTIMAL_COST(G, E, V, c)
FOR EACH edge I ON G
CI = unlimited.
IF TSP_DECISION(G, E, V, c, C) == ’YES’
REMOVE I from E.
•Waktu Pengerjaan TSP_SOLUTION polinomial jhj TSP_DECISION juga polinomial
Definisi formal masalah keputusan
•Ada dua
•Kelas P (polynomial): dapat diselesaikan oleh algoritme deterministik dalam waktu polinomial
•NP (non-polynomial): tidak dapat diselesaikan dalam waktu polynomial
Tiga formulasi kelas NP
•Properti singkat (succint property)
•setiap “ya” dapat disertifikasi dengan waktu polinomial
•Konstruksi non-deterministik
•Ketika masalah dipecahkan menggunakan algoritme non-deterministik
•Pemrograman Integer
•Untuk masalah yang dapat diredukse ke pemrograman integer dalam waktu polinomial
•Jika A adalah masalah keputusan, maka A memiliki sertifikat properti singkat, A ∈ NP dan A dapat dialihkan ke Integer Programming dalam waktu polinomial
•Karena P ⊆ NP, maka jika A ∈ P, maka A ∈ NP.
Dimana NP-Complete?
•Setiap masalah NP-hard dapat direduksi menjadi beberapa masalah NP-hard lainnya B. yaitu, masalah NP-hard dimana  X ∈ NP dapat ditransformasikan ke B pada waktu polinomial sehingga solusi untuk B akan menghasilkan solusi untuk X. Dalam hal ini, B dianggap NP-complete
•Jika Anda bisa membuktikan bahwa masalah NP-complete B ∈ P, maka Anda telah menunjukkan bahwa P = NP
•Jika Anda dapat membuktikan bahwa masalah NP-complete B ∉ P, maka Anda telah menunjukkan bahwa P ≠ NP
•apakah P = NP?
•Saat ini, belum ada yang dapat membuktikan bahwa P = NP atau P ≠ NP
Mengapa TSP disebut NP-Complete?
•Kita ambil suatu masalah H yang NP-complete. Kemudian, kita akan menunjukkan bahwa kita dapat menyelesaikan masalah H dengan menggunakan TSP. Jiika TSP dipecahkan dalam waktu polinomial, maka masalahi H juga dapat dilesaikan dalam waktu polinomial.
•Kenyataannya TSP tidak dapat diselesaikan dalam waktu polinomial, dan masalah H juga tidak dapat diselesaikan dalam waktu polinomial. Selain itu, TSP harus NP-Complete karena H adalah NP-Complete.
•Dalam membuktikan bahwa TSP adalah NP-Completel, kita akan memilih menyelesaikan masalah H menggunakan Hamiltonian Cycle, yang dikenal sebagai NP-Complete.  Jelas bahwa masalah Hamiltonian Cycle adalah kasus khusus dari TSP.
•Dengan memodifikasi masukan ke algoritma TSP dengan menetapkan biaya dari semua nilai yang ada menjadi beberapa terbatas tetap konstan. Kemudian, jika ditemukan adanya suatu Trail yang tertutup yang merupakan Hamiltonian Cycle, maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa TSP merupakan NP-Complete karena telah terbukti bahwa masalah Hamiltonian Cycle adalah NP-Complete.
( Aziz Rahmad, Auzi Asfarian, Ari Setiawan, Chaerur Rozikien, M IqBal)